FORGIVE but not FORGET

“Forgive but not forget”
Mungkin memang benar saya telah memafkan, namun tetap saja saya tidak akan pernah melupakannya. Bukan karena saya ini orangnya pendendam atau pemarah. Namun yang namanya sesuatu yang terlanjur melekat pada ingatan kita, akan susah untuk ditarik kembali.


*forgive me for saying this but I can't ever get you off of my mind*

Untuk itulah ketika saya berkata memafkan, saya sesungguhnya telah benar-benar memaafkan, namun ketika “memori” itu terputar kembali di otak saya, rasanya masih tetap sama. Sakit. Hei, saya rasa ini wajar. Tidak ada yang patut disalahkan. Dan tidak ada yang berhak menyalahkan saya.

Layaknya komunikasi, bersifat irreversible. Maksudnya ialah, segala sesuatu yang telah kita ucapkan dan telah diterima oleh memori orang lain maka hal tersebut tidak akan dapat ditarik kembali. Sekalipun dengan kata “maaf”.

Mungkin ini alasan kenapa saya benci sekali dengan kata maaf. Berkata maaf mungkin semudah anda membalikkan telapak tangan anda. Tapi pertanggungjawaban atas kata-kata maaf yang telah anda ucapkan itulah yang sangat berat.

Menurut saya, untuk apa anda membuang-buang waktu berkata maaf jika ternyata itu tidak dapat mengahapus sepenuhnya kesalahan anda. Mungkin sebagian dari kalian akan berpendapat bahwa kata maaf adalah symbol dari perwujudan rasa bersalah kalian. Tapi tidak bagi saya. Saya tidak butuh simbol. Saya hanya butuh pembuktian atas perbaikan sikap anda agar memori masa lalu itu tidak terlalu mempengaruhi dan “menyakiti” hari-hari saya.

Tapi tetap saja, ini hanya sepenggal opini saya yang mungkin bisa jadi berbeda dengan opini anda. Hanya saja yang saya tau, bahwa saya mungkin telah memaafkan tapi tidak akan pernah melupakan.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Blog ini hanya berisi cerita sehari-hari dalam kehidupan si Keong Dudul ini. Mulai yang seneng sampai yang susah pun ada. Gak hanya itu, di blog ini juga dibahas berbagai permasalahan tapi dari sudut pandang berbeda si Keong Dudul. So.. Enjoy read this blog. :D
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
Sidoarjo, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Just an ordinary girl with ordinary life...

Pengikut

Me Me n' Me