Mereka Terlalu Indah Untuk Dipanggil IDIOT


Kalian pasti tahu istilah "down syndrome"  atau biasa kita sebut sindrom down atau tunagrahita. Yah m erupakan kelainan genetik yang terjadi pada kromosom 21 pada berkas q22 gen SLC5A3, yang dapat dikenal dengan melihat manifestasi klinis yang cukup khas. 
Kelainan yang berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental ini pertama kali dikenal pada tahun 1866 oleh Dr.John Longdon Down. Karena ciri-ciri yang tampak aneh seperti tinggi badan yang relative pendek, kepala mengecil, hidung yang datar menyerupai orang Mongoloid maka sering juga dikenal dengan mongolisme. Pada tahun 1970an para ahli dari Amerika dan Eropa merevisi nama dari kelainan yang terjadi pada anak tersebut dengan merujuk penemu pertama kali sindrom ini dengan istilah sindrom Down dan hingga kini penyakit ini dikenal dengan istilah yang sama.

*mereka dan segala kelebihan mereka*

Banyak orang salah mengartikan kelainan ini. Banyak dari mereka yang menyamakan mereka dengan idiot. Padahal tidak selalu penderita down syndrome atu tunagrahita ini idiot. Down syndrome mempunyai beberapa tingatan yaitu:

1. Ringan
Anak yang tergolong dalam tunagrahita ringan memiliki banyak kelebihan dan kemampuan. Mereka mampu dididikdan dilatih. Misalnya, membaca, menulis, berhitung, menjahit, memasak, bahkan berjualan. Tunagrahita ringan lebih mudah diajak berkomunikasi. Selain itu kondisi fisik mereka tidak begitu mencolok. Mereka mampu berlindung dari bahaya apapun. Karena itu anak tunagrahita ringan tidak memerlukan pengawasan ekstra.
2. Sedang                                                                                                  
Tidak jauh berbeda dengan anak tunagrahita ringan. Anak tunagrahita sedang pun mampu diajak berkomunikasi. Namun, kelemahannya mereka tidak begitu mahir dalam menulis, membaca, dan berhitung. Tetapi, ketika ditanya siapa nama dan alamat rumahnya akan dengan jelas dijawab. Mereka dapat bekerja di lapangan namun dengan sedikit pengawasan. Begitu pula dengan perlindungan diri dari bahaya. Sedikit perhatian dan pengawasan dibutuhkan untuk perkembangan mental dan sosial anak tunagrahita sedang.
3. Berat
Anak tunagrahita berat disebut juga idiot. karena dalam kegiatan sehari-hari mereka membutuhkan pengawasan, perhatian, bahkan pelayanan yang maksimal. Mereka tidak dapat mengurus dirinya sendiri apalagi berlindung dair bahaya. Asumsi anak tunagrahita sama dengan anak Idiot tepat digunakan jika anak tunagrahita yang dimaksud tergolong dalam tungrahita berat.

*senyum indah meraka*
Tapi bagi saya, tetap saja mereka tidak pantas untuk disebut idiot. Sadarkah kalian, senyum anak-anak ini lebih indah dan terlihat lebih tulus daripada senyum kalian yang berisi kemunafikan belaka. Banyak dari mereka yang berhasil menunjukkan prestasi. Jadi jangan anggap remeh orang-orang yang mungkin kalian anggap tidak sama dengan kalian.
Mereka bukannya tidak sama dengan kalian, tetatpi mereka hanya diberikan keindahan dengan cara yang berbeda oleh Tuhan. Maka mungkin benar jika ada yang mengatakan “Don’t judge the book by the cover”. Bisa jadi anak-anak seperti mereka memiliki hati yang lebih tulus daripada anda.
Jadi..  BERHENTI MENYEBUT MEREKA IDIOT !!!

2 komentar:

TRI UTAMI 9 Juli 2013 pukul 22.03  

Saya setuju dengan apa yang disampaikan dalam artikel ini, saya juga baru sadar ketika di keluarga kami ada yang mengalami hal itu....
Tuhan tunjukkan satu pelajaran bagi kami....
Terimakasih untuk artikelnya, semoga menjadi motivasi dan inspirasi....

TRI UTAMI 9 Juli 2013 pukul 22.06  

Saya setuju dengan apa yang disampaikan dalam artikel ini, saya juga baru sadar ketika di keluarga kami ada yang mengalami hal itu....
Tuhan tunjukkan satu pelajaran bagi kami....
Terimakasih untuk artikelnya, semoga menjadi motivasi dan inspirasi....

Posting Komentar

About this blog

Blog ini hanya berisi cerita sehari-hari dalam kehidupan si Keong Dudul ini. Mulai yang seneng sampai yang susah pun ada. Gak hanya itu, di blog ini juga dibahas berbagai permasalahan tapi dari sudut pandang berbeda si Keong Dudul. So.. Enjoy read this blog. :D
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
Sidoarjo, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Just an ordinary girl with ordinary life...

Pengikut

Me Me n' Me